Jakarta -
Walaupun jumlah jemaah haji Indonesia tahun 2017 bertambah dari 168.800
jemaah menjadi 221.000 jemaah, namun Badan Pusat Statistik (BPS)
mencatat kenaikan Indeks Kepuasaan Jemaah Haji Indonesia pada tahun ini,
yaitu 84,85 dari 83,83 pada tahun lalu.
Hal itulah yang
disampaikan Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto bersama Menteri Agama RI,
Lukman Hakim Saifuddin di hadapan pewarta pagi ini di Kantor BPS. Indeks
ini tergolong "Memuaskan". "Kami sempat
tidak pede dengan pelayanan jemaah haji tahun ini karena jumlah jemaah
yang bertambah 52.200 orang," ujar Menteri Lukman. Hasil indeks tahun
ini disyukuri Lukman dan jajarannya mengingat dengan kenaikan jumlah
jemaah membuat setiap petugas haji harus menangani lebih banyak jemaah.
Dari hasil yang dirilis berdasarkan jenis pelayanan, sebagian besar
pelayanan mengalami peningkatan. Yang tertinggi adalah pelayanan bus
antarkota (88,23). Sementara 3 indeks kepuasan terendah diduduki
pelayanan katering Armina, bus Armina, dan tenda di Armina. Survei ini
dilaksanakannya BPS bekerja sama dengan Kementerian Agama RI sejak 2010.
#GerakanCintaData
#DataMencerdaskanBangsa