Tidak dapat dipungkiri
bahwa air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Salah
satunya adalah kebutuhan air oleh penduduk bagi pemenuhan kebutuhan
rumahtangganya. Oleh karena itu,
tersedianya sarana dan air bersih bagi penduduk menjadi salah satu
program dan tanggung jawab pemerintah. Pada Tahun 2013, proporsi terbesar atau 92,24 persen pelanggan perusahaan
air bersih di Jawa Tengah adalah pelanggan
rumahtangga.

Perkembangan jumlah pelanggan perusahaan air bersih di Jawa Tengah dari
tahun 2007 sampai dengan 2013
dapat dilihat pada Grafik. Pelanggan
kelompok rumah tangga pada tahun 2007
sebanyak 607.596 pelanggan, meningkat menjadi 1.122.965 pada
tahun 2013, atau mengalami perkembangan rata-rata sebesar 1,43 persen pertahun. Hal ini menunjukkan bahwa
kebutuhan air bersih setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Pada tahun
2013 volume air bersih yang disalurkan mencapai 364,06 juta m3 meningkat tajam
dari tahun 2012 (266,99 juta m3).