Launching Hasil Pendaftaran (Listing) Perusahaan/Usaha Sensus Ekonomi 2016 Jawa Tengah - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : http://s.bps.go.id/skdjateng2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Layanan Statistik Fast Response (LATIFA) WA 0815-6770-1212, email jateng@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, zoom meeting dengan perjanjian, dan akses ke pst.bps.go.id

Launching Hasil Pendaftaran (Listing) Perusahaan/Usaha Sensus Ekonomi 2016 Jawa Tengah

Launching Hasil Pendaftaran (Listing) Perusahaan/Usaha Sensus Ekonomi 2016 Jawa Tengah

26 Mei 2017 | Kegiatan Statistik


Berita Versi Audio

Pendaftaran Usaha Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) dapat menjadi langkah awal untuk menakar kekuatan perekonomian Indonesia. Dari kegiatan tersebut diperoleh jumlah usaha/perusahaan berdasarkan skala usaha, tenaga kerja, dan omset yang dihasilkan. Oleh karena itu, data yang dihasilkan dari pendaftaran usaha SE2016 sangat dinantikan oleh banyak pihak.

 

Pada 24 Mei 2017, bertempat di Hotel Crowne Plaza Semarang, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah melakukan Launching Hasil Pendaftaran Usaha Sensus Ekonomi 2016 Jawa Tengah. Launching Hasil Pendaftaran Usaha Sensus Ekonomi 2016 Jawa Tengah dilakukan oleh Sekretaris Daerah Jawa Tengah bersama Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Tengah. Dalam kegiatan tersebut dirilis jumlah usaha, baik skala UMK maupun UMB yang dikelompokkan dalam 15 kategori sesuai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2015. Bersamaan dengan launching data, juga dilakukan launching website Sensus Ekonomi 2016 (angka provinsi) pada url: se2016.bps.go.id.

 

Acara tersebut dihadiri lebih dari 250 peserta yang terdiri dari BI Jawa Tengah, OJK Regional 3 Jateng & DIY, Kepala OPD Provinsi Jawa Tengah, Kepada Dinas Kominfo dan Kepala Balitbangda Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, BPS Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah, pelaku usaha, akademisi, serta wartawan dari berbagai media. Acara  dikemas sangat menarik dan dimeriahkan dengan banyak hiburan, antara lain paduan suara dari Unika Soegijapranata, Tari Gunungan, Handtrick, dan Rampag Gendang. Pada kesempatan ini sebagai penghargaan bagi pelaku usaha yang telah ikut menyukseskan kegiatan pemerintah, diberikan penghargaan untuk 3 responden terbaik pada kegiatan Sensus Ekonomi 2016 yaitu kepada PT. Djarum, PT. Sidomuncul, dan PT. Apac Inti Corpora.

 

Dalam paparannya, Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Dr. Margo Yuwono menyampaikan bahwa jumlah usaha hasil pendaftaran usaha SE2016 di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 4,17 juta usaha yang dikelompokkan dalam 15 kategori lapangan usaha sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2015, kecuali kategori pertanian. Jumlah usaha tersebut meningkat 13,06 persen jika dibandingkan dengan hasil Sensus Ekonomi 2006 (SE06) yang berjumlah 3,69 juta usaha. Jika dirinci  menurut skala usaha, dari hasil SE2016 ada sebanyak 4,13 juta usaha UMK (98,98 persen) dan 42,48 ribu usaha UMB (1,02 persen). Jika dilihat berdasarkan lapangan usaha, maka usaha perdagangan besar dan eceran mendominasi kegiatan perekonomian di Jawa Tengah, yaitu terdapat 1,80 juta usaha atau sebesar 43,16 persen dari seluruh usaha yang ada di Jawa Tengah.

 

Pada kegiatan tersebut juga diisi dengan acara talkshow yang mengusung tema “Menakar Potensi Ekonomi dan Daya Saing Daerah” yang menghadirkan pembicara senior Indef yang juga Komisaris Bank Mandiri yaitu Dr. Aviliani, S.E., M.Si, Guru Besar Universitas Gajah Mada yaitu Prof. Mudrajat Kuncoro, Ph.D, serta salah satu pengusaha muda pendiri DTECH-ENGINEERING Arfi’an Fuadi. Acara talkshow dipandu oleh moderator dari Universitas Diponegoro yaitu Firmansyah S.E, M.Si, Ph.D.

 

Launching hasil pendaftaran usaha SE2016 ini merupakan titik awal dari kegiatan selanjutnya. Nantinya pada bulan Agustus-September 2017 akan dilaksanakan Sensus Ekonomi Lanjutan (SE2016 Lanjutan) dimana BPS akan melakukan pendataan kembali dengan pertanyaan yang lebih rinci terkait dengan struktur pendapatan dan pengeluaran, prospek dan kendala usaha, baik pada usaha menengah besar maupun usaha mikro kecil. Mari kita turut menyukseskan Sensus Ekonomi 2016 Lanjutan dengan menerima petugas dengan baik dan memberikan jawaban yang sebenarnya, untuk menuju Jawa Tengah sejahtera dan berdikari. (IND)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah (Statistics of Jawa Tengah Province)Jl.Pahlawan No. 6 Telp. 024 - 8412802

8412804

8412805 Fax. 024 - 8311195 e-mail : bps3300@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik