Mampukah Jawa Tengah Mencapai Target Kinerja Ekonomi Makro RKPD 2023? - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : s.bps.go.id/skdjateng2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Layanan Statistik Fast Response (LATIFA) WA 0815-6770-1212, email jateng@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, zoom meeting dengan perjanjian, dan akses ke pst.bps.go.id

Mampukah Jawa Tengah Mencapai Target Kinerja Ekonomi Makro RKPD 2023?

Mampukah Jawa Tengah Mencapai Target Kinerja Ekonomi Makro RKPD 2023?

21 Mei 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Berita Versi Audio

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Dadang Hardiwan hadir sebagai narasumber pada Focus Grup Discussion (FGD) yang bertajuk Melihat Capaian Triwulan I – 2023 dan Kondisi Ekonomi Terkini, Mampukah Jawa Tengah Mencapai Target Kinerja Ekonomi Makro RKPD 2023?

FGD yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Jumat, (19/5) tersebut juga menghadirkan narasumber dari Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Berry Arifsyah Harahap dan juga guru besar UNDIP, Prof FX Sugianto.

Dalam paparannya, Dadang menyampaikan bahwa, dari sisi produksi, lapangan usaha yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada Triwulan I-2023 adalah sektor Industri Pengolahan, pertanian dan  Perdagangan.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada Triwulan I-2023 ditopang oleh konsumsi rumah tangga, PMTB dan ekspor.

Inflasi dapat terkendali dengan tersedianya kebutuhan masyarakat yang cukup, dan terdistribusi secara merata. Potensi yang dimiliki Jawa Tengah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari sumber daya yang ada.

Ekonomi Jawa Tengah yang tumbuh solid pada Triwulan I-2023 dibarengi dengan penciptaan lapangan kerja. Hal tersebut tercermin dari penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka dan peningkatan penduduk bekerja di beberapa sektor.

Sinergi dari semua pihak diharapkan dapat mewujudkan kinerja ekonomi makro Jawa Tengah sesuai dengan target yang ditetapkan.

#PertumbuhanEkonomi
#RKPD2023
#JatengGayeng
#BPSProvJateng
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah (Statistics of Jawa Tengah Province)Jl.Pahlawan No. 6 Telp. 024 - 8412802

8412804

8412805 Fax. 024 - 8311195 e-mail : bps3300@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik