STATISTIK PADA IDUL ADHA - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : s.bps.go.id/skdjateng2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Layanan Statistik Fast Response (LATIFA) WA 0815-6770-1212, email jateng@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, zoom meeting dengan perjanjian, dan akses ke pst.bps.go.id

STATISTIK PADA IDUL ADHA

STATISTIK PADA IDUL ADHA

11 Juli 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Berita Versi Audio

Umat Muslim di Indonesia terbiasa berkurban dengan hewan sapi atau kambing saat Idul Adha. Namun, warga Kudus, Jawa Tengah, memiliki tradisi berkurban dengan kerbau. Hal ini ternyata memiliki sejarah yang panjang.

Dikutip dari artikel ilmiah berjudul Konstruksi Sosial atas Warisan Budaya Sunan Kudus, tradisi berkurban dengan kerbau untuk Idul Adha dimulai oleh Sunan Kudus. Pada saat itu, masyarakat Kudus memiliki budaya Jawa bercorak Hindu yang kental yang mempercayai dan mensakralkan sapi sebagai hewan yang suci. Sunan Kudus lantas menggunakan hal ini untuk menyebarkan agama Islam pada masyarakat Kudus.

Dilansir dari laman sosiologiagama.uin-suka.ac.id, sebelum menyebarkan ajaran agama Islam, Sunan Kudus menghimbau masyarakat setempat agar tidak menyembelih hewan sapi sebagai bentuk toleransi pada umat Hindu. Beliau juga menambatkan sapi di depan masjid untuk menarik simpati. Bahkan, konon beliau tidak mengonsumsi daging sapi.

Ini kemudian diikuti oleh pengikut dan para murid Sunan Kudus yang akhirnya, terbentuklah tradisi tidak menyembelih sapi sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap masyarakat Hindu.

Hal ini lantas dipegang teguh oleh masyarakat Kudus. Mereka memilih menyembelih kerbau, alih-alih sapi, saat Idul Adha. Mereka meyakini bila orang Kudus melanggar hal ini akan mendapat balak atau petaka. (Sumber: nasional.tempo.co)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah (Statistics of Jawa Tengah Province)Jl.Pahlawan No. 6 Telp. 024 - 8412802

8412804

8412805 Fax. 024 - 8311195 e-mail : bps3300@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik