Pemimpin Zaman Now Harus Bisa Rangkul Generasi Y - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : s.bps.go.id/skdjateng2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Layanan Statistik Fast Response (LATIFA) WA 0815-6770-1212, email jateng@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, zoom meeting dengan perjanjian, dan akses ke pst.bps.go.id

Pemimpin Zaman Now Harus Bisa Rangkul Generasi Y

Pemimpin Zaman Now Harus Bisa Rangkul Generasi Y

22 Oktober 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya



Berita Versi Audio

"Bukan zamannya lagi kayak dulu, batas antara pimpinan dan anak buah jauh, harus mencair. Pemimpin harus bisa berperan," tegas Kecuk Suhariyanto, Kepala BPS kepada seluruh kepala BPS kabupaten/kota yang hadir di Rapat Teknis (ratek) Kepala BPS Kabupaten/Kota Tahun 2018 di Hotel Borobudur Jakarta, (22/10).
Peran kepemimpinan sangat ditekankan Kecuk karena saat ini sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Apalagi tema yang diangkat dalam ratek ini adalah "Menuju SDM BPS yang Profesional untuk Menghasilkan Data yang Berkualitas dalam rangka Penyusunan Disagregrasi Penyusunan Modal Tetap Bruto menurut Institusi dan Lapangan Usaha Tahun 2018".
"Komposisi SDM BPS, sebanyak 56,37 persen adalah Generasi Y (kelahiran 1980-2000, red). Di Revolusi Industri 4.0, kesempatan terbuka tetapi persaingan lebih ketat. Kita harus melakukan adaptasi karena cara berpikirnya (Generasi Y, red) berbeda," ujarnya. Diakui Kecuk, perilaku Generasi Y yang melek teknologi, gampang bergaul, dan selektif memilih pemimpin, menuntut para pimpinan untuk dapat merangkul mereka. "Rangkul anak-anak muda ini. Kita sebagai pimpinan mengajak mereka. Kita lempar ide, mereka tangkap, dan itu berjalan," lanjutnya.
Menata Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu bagian dalam reformasi birokrasi BPS, selain penataan bisnis proses dan informasi teknologi. Upaya BPS dalam penataan SDM saat ini melalui Performa 360. Dengan adanya Performa 360, penilaian tak hanya dari atas ke bawah, tetapi juga sebaliknya.
Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara BPS dengan Kepolisian Negara RI untuk pelaksanaan penilaian kompetensi pegawai negeri sipil di lingkungan BPS. Penandatanganan dilakukan oleh Buyung Airlangga, Kepala Biro Bina Program BPS selaku Kuasa Pengguna Anggaran BPS dan Eko Indra Hari, Asisten Kapolri Bidang SDM.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah (Statistics of Jawa Tengah Province)Jl.Pahlawan No. 6 Telp. 024 - 8412802

8412804

8412805 Fax. 024 - 8311195 e-mail : bps3300@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik