BAGAIMANA MENENTUKAN ARAH INVESTASI INFRASTRUKTUR YANG HARUS DILAKSANAKAN KEMENTERIAN PUPR? - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : s.bps.go.id/skdjateng2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Layanan Statistik Fast Response (LATIFA) WA 0815-6770-1212, email jateng@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, zoom meeting dengan perjanjian, dan akses ke pst.bps.go.id

BAGAIMANA MENENTUKAN ARAH INVESTASI INFRASTRUKTUR YANG HARUS DILAKSANAKAN KEMENTERIAN PUPR?

BAGAIMANA MENENTUKAN ARAH INVESTASI INFRASTRUKTUR YANG HARUS DILAKSANAKAN KEMENTERIAN PUPR?

18 Agustus 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Berita Versi Audio

Pembangunan infrastruktur memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun daerah. 
Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana menentukan kawasan/wilayah prioritas yang akan diintervensi dengan dukungan program-program pembangunan infrastruktur.

Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional Kementerian PUPR secara khusus mengundang Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Dr. Dadang Hardiwan, S.Si, M.Si sebagai narasumber dalam Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT/FGD) Pengayaan Model Analisis Manfaat dan Dampak Investasi Infrastruktur PUPR Berbasis Spasial yang digelar di Hotel Novotel Semarang pada Jumat,18 Agustus 2023.

Dalam paparannya, Dadang Hardiwan menegaskan ada dua hal paling mendasar yang harus diperhatikan dalam perencanaan pembangunan infrastruktur, yaitu perkembangan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi wilayah. Perkembangan infrastruktur sangat berdampak terhadap perubahan struktur ekonomi pada suatu wilayah, sehingga dalam perencanaan pembangunan infrastruktur berikutnya harus melihat karakteristik penduduk dan struktur ekonomi yang ada di suatu wilayah agar langsung menyentuh kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

Acara dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional Kemeterian PUPR, Ir. Zevi Azzaino, M.Sc., Ph.D.
Hadir pula narasumber dari sejarawan, Prof. Dr.sc.agr. Iwan Rudiarto, ST, MSc (Guru Besar dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro) dan Dr. Yudi Basuki ST, MT (Ketua Prodi S1 ​​Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro).

#bpsprovjateng
#pupr
#investasiinfrastruktur
#fgd
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah (Statistics of Jawa Tengah Province)Jl.Pahlawan No. 6 Telp. 024 - 8412802

8412804

8412805 Fax. 024 - 8311195 e-mail : bps3300@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik